Senin, 24 Juni 2013

Proposal Sewa Usaha "Kewirausahaan"

LATAR BELAKANG
Membaca adalah jendela dunia. Demikian kata orang bijak untuk memotivasi semua orang agar lebih mencintai buku dan gemar membaca. Kesadaran inilah yang membuat minat membaca masyarakat semakin besar. Sayang, masih banyak orang yang tidak bisa membeli buku bacaan karena tingginya harga buku. Masyarakat yang tidak memungkinkan untuk membeli buku akan lebih memilih untuk menyewa saja. Ternyata rendahnya minat baca bisa memicu tindak anarkis. Hal ini menjadi masalah bangsa kita karena minat baca generasi muda kita sangat rendah.
Minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Anak-anak, mahasiswa, masyarakat, lebih suka menonton dan bermain internet, sehingga apa yang dia lihat dia tirukan. rendahnya minat membaca masyarakat membuat Indonesia berada di urutan ke 110 dunia. Masih kalah dari negara tetangga Malaysia yang berada di peringkat 60, sedangkan minta membaca tertinggi ada di Jepang.  Ini menunjukkan bahwa Indonesia kurang minat mengolah otak, tapi lebih senang main mata. Kalau ini dibiarkan terus menerus, bangsa kita akan menjadi bangsa yang suka instan, mau cepat saja.
Harapan kita dengan adanya usaha sewa buku ini mampu meningkatkan minat membaca kita khususnya mahasiswa, akan membangkitkan minat membaca dan ini bisa merubah hidup. Paling tidak, membaca bisa menambah perbendaharaan kata.
Sebenarnya masih banyak orang yang berminat akan membaca namun kebanyakan dari kalangan mereka yang kurang mampu dalam hal ekonomi maka kami PT.untung terus berkeinginan membuat usaha untuk memberikan pinjaman buku buku kepada yang berminat.
Tujuan Usaha
1.    Menciptakan minat baca yang tinggi kepada masyarakat khususnya mahasiswa
2.    Menerapkan kepada pembaca bahwa membaca hal yang sangat penting dalam kehidupan ini untuk menghadapi tantangan masa depan.
3.    Mencari laba dari harga sewa buku.
4.    Memberikan solusi bagi peminat baca yang enggan membeli buku tersebut.
5.    Memberikan referensi buku yang dibutuhkn mahasiswa yang sifatnya sewaktu – waktu.

NAMA USAHA
“USAHA SEWA BUKU” Merupakan perpaduan konsep baru dengn potensi usaha pada keinginan untuk kegiatan baca buku, hotspot area, dan café. Dengan nama Rumah Baca “Pustaka Taman.Semut Manis...........”.

STRUKTUR USAHA
Ø  Direktur Perusahaan          = Kepala Perpustakaan = endi
Ø  Karyawan perpustakaan    = jamiati kn, riski arifiani, Lolita
Ø  Pemasaran                           = pemasaran usaha = azhar, anas muads





LOKASI USAHA
Dengan persyaratan dinilai cukup strategis seperti : Merupakan daerah pemukiman yang padat, berdekatan dengan Sekolah atau universitas, terdapat beberapa titik usaha strategis yang tidak sejenis seperti Supermarket, Apotik, Salon, Bengkel, dll.
Hasil survey kita untuk menentukan lokasi sewa buku di sekitar kampus universitas Muhammadiyah di kantin panjang yang mempunyai beberapa kios yang masih kosong. Kantin panjang tersebut berada di depan fakultas ekonomi dan masjid Attaqwa yang dinilai kami cukup strategis untuk dijadikan lokasi.

KONSUMEN
Diharapkan “.........” dapat menarik minat dari berbagai kalangan diantaranya : Pelajar & mahasiswa pecinta buku, komik, majalah kemudian masyarakat pemilik laptop yang ingin internet dengan harga murah serta masyarakat umum. Penyewaan buku ini ditujukan bagi mereka yang suka membaca namun berat bagi mereka untuk membeli buku tersebut. Sehingga meminjam dengan biaya yang relative murah dapat memberikan solusi bagi konsumen.

INVESTASI AWAL
Modal awal : modal awal dari usaha kami sebenarnya banyak yang bisa didapat kan dari mana saja, misalkan dari bank, dari modal individu dll yang bisa didapatkan kami dapatkan.
  1. Sewa Tempat selama 1 (satu) tahun : (tergantung lokasi)
  2. Membeli Komik, Novel, Buku, Majalah, dll : Rp. 13.000.000
  3. Meja Sirkulasi, Rak Buku, Meja Baca, Kursi Baca, : Rp.3.000.000
  4. Installasi Hotspot/Internet : Rp. 1.000.000
  5. Tempat rak & Makanan serta Minuman : Rp. 1.000.000


Rencana Biaya Operasional per bulan
  1. Langganan Koran, beli buku, komik, majalah : Rp. 400.000
  2. Gaji Pegawai @ Rp.700.000 : Rp. 700.000
  3. Biaya langganan hotspot : Rp. 300.000
  4. Listrik : Rp. 150.000

PENDAPATAN YANG DIHARAPKAN
Dengan setting usaha sedemikian rupa, agar sangat nyaman,menyenangkan, relatif murah dan kemungkinan belum ada ditempat lain, diharapkan memberikan hasil yang sangat maksimal. Berikut ini penghasilan yang diharapan akan didapat dari berbagai strategi kami yaitu antara lain :
  1. Baca sepuasnya : Rp. 1.000 (promo)
  2. Internetan sepuasnya : Rp. 2.000 (promo)
  3. Langganan Bulanan baca sepuasnya : Rp. 25.000 (promo)
  4. Langganan Bulanan Internetan sepuasnya : Rp. 37.000 (promo)
  5. Penyewaan komik/buku di bawa pulang
Komik                                     Rp. 1000/ 2 hari
Novel                                      Rp. 3000/ 3 hari
Buku – buku referensi        Rp. 3000/ 2 hari
Keterlambatan mengembalikan dikenai denda Rp. 500/ hari
Menghilangkan buku akan dikenai sanksi mengganti buku tersebut atau denda 2x lipat dari harga buku tersebut.
  1. Pendapatan dari makanan dan minuman
Dan strategi-strategi lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan Mudah-mudahan dengan strategi diatas mudah-mudahan kurang dari 12 bulan telah mencapai BEP (Break Event Point).

PENUTUP

Mudah-mudahan dengan pembukaan usaha sewa buku Pustaka Taman. Semut Manis dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Menciptakan generasi yang cerdas agar generasi muda kita mempunyai wawasan yang dapat dijadikan modal untuk menghadapi tantangan masa depan. Serta memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi buku untuk memenuhi tugas mata kuliah mereka. Semoga usaha ini dapat menjadi peluang usaha yang baik juga dapat memberi keuntungan dunia dan akhirat karena dapat mencerdaskan orang lain, dengan catatan buku-buku yang ada adalah buku yang bermanfaat positif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar