Senin, 24 Juni 2013

Kemuhammadiyahan

Nama       :   Jamiati KN
Npm          : 2010140046
Jurusan  :       Ilmu Komunikasi

ORGANISASI OTONOM

Sebenarnya banyak yang diketahui dari bidang bidang muhammadiyah namun tidak secara mendetail misalkan diketahui dari amal usaha, pendidikan namun tidak memahami secara utuh untuk itu saya berusaha membuat tentang organisasi otonom sebatas pengetahuan saya dan ditambah dari orang lain yang mengetahui seluk beluk muhammadiyah.
Pasal 21 : pengertian dan ketentuan
§  Organisasi otonom ialah organisasi dibawah muhammadiyah dibawah wewenang mengatur rumah tangganya sendiri, dengan bimbingan pembinaan dari pimpinan muhammadiyah.
§  Organisasi otonom terdiri atas organisasi otonom umum dan organisasi otonom khusus.
§  Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi otonom disusun oleh organisasi otonom masing masing berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga muhammadiyah
§  Pembentukan dan pembubaran organisasi otonom ditetapkan oleh tanwir
§  Ketentuan lain mengenai organisasi otonom diatur dalam anggaran rumah tangga.

1.    GAMBARAN UMUM TENTANG ORGANISASI OTONOM
Organisasi otonom muhammadiyah adalah organisasi atau badan yang dibentuk oleh persyarikatan  muhammadiyah yang dengan bimbingan dan pengawasan, diberi hak dan kewajiban untuk mengatur rumah tangga sendiri, membina warga persyarikatan muhammadiyah tertentu dalam bidang bidang tertentu pula dalam rangka mencapai maksud dan tujuan persyarikan muhammadiyah.

2.    STRUKTUR DAN KEDUDUKAN ORTOM
Organisasi otonom atau sering disebut juga ortom muhammadiyah sebagai badan yang mempunyai otonomi dalam mengatur rumah tangga sendiri mempunyai jaringan struktur sebagaimana halnya dengan muhammadiyah, mulai dari tingkat pusat, tingkat provensi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa, dan kelompok-kelompok atau jama’ah-jama’ah.
Organisasi otonom muhammadiyah dibentuk didalam lingkungan persyarikatan muhammadiyah jikalau memenuhi persyaratan sebagai berikut ini :
§  Mempunyai fungsi khusus dalam persyarikan muhammadiyah
§  Mempunyai potensi dan ruang lingkup nasional
§  Merupakan kepentingan persyarikatan muhammadiyah

Pembentukan organisasi otonom muhammadiyah ditetapkan oleh tanwir muhammadiyah atau disebut lembaga ( lembaga permusyawaratan tertinggi setelah muktamar muhammadiyah) dan dilaksanakan dengan keputusan pimpinan pusat muhammadiyah.
Adapun tujuan dari pembentukan organisasi otonom (ortom ) muhammadiyah adalah sebagai berikut :
§  Efisiensi dan efektifitas persyarikatan muhammadiyah
§  Pengembangan persyarikatan muhammadiyah
§  Dinamika persyarikatan muhammadiyah
§  Kaderisasi persyarikatan muhammadiyah

3.    HAK DAN KEWAJIBAN ORTOM
Dalam keduduukannya sebagai organisasi otonom yang mempunyai kewenangan mengatur rumah tangga sendiri, ortom muhammadiyah mempunyai hak dan kewajiban dalam persyarikan muhammadiyah ialah sebagai berikut :
§  Melaksanakan keputusan persyarikatan muhammadiyah
§  Menjaga nama baik persyarikatan muhammadiyah
§  Membina anggota-anggotanya menjadi warga dan anggota persyarikan muhamadiyah yang baik.
§  Membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan sesama organisasi otonom (ortom)
§  Melaporkan kegiatan- kegiatannya kepada pimpinan persyarikan muhammadiyah
§  Menyalurkan angggota anggotanya dalam kegiatan gerak dan amal usaha persyarikatan muhammadiyah sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya

Adapun hak yang dimilki oleh ortom muhammadiyah ialah sebagai berikut :
§  Mengelola urusan kepentingan, aktivitas dan amal usaha yang dilakukan oleh organisasi otonomnya
§  Berhubungan dengan organisasi atau badan lain diluar persyarikatan muhammadiyah
§  Member saran kepada persyarikatan muhammadiyah baik diminta atau atas kemauan sendiri
§  Mengusahakan dan mengelola keungan sendiri.

4.    ORGANISASI OTONOM DALAM PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH
Organisasi otonom dalam persyarikatan muhammadiyah mempunyai karaktristik dan spesifikasi bidang tertentu. Adapun ortom dalam persyarikatan muhammadiyah yang sudah lama ada ialah sebagai berikut :
1.    Aisyiah
Kata aisyiah berasal dari bahasa arab dari kata aisyiah dan mendapat imbuhan yah. Aisyiah adalah pengikut - pengikut Siti Aisyiah istri Rasulullah yang dijadikan nama bagi perkumpulan kaum wanita Muhammadiyah. Secara terminology aisyiah suatu organisasi wanita dalam muhammadiyah yang mempunyai maksud dan tujuan sebagai mana maksud dan tujuan dari muhammadiyah.


2.    Pemuda muhammadiyah
Kata pemuda menurut bahasa berarti orang yang masih muda atau anak muda pemuda muhammadiyah artinya kaum muda dalam persyarikatan muhammadiyah yang kelak akan menggantikan kedudukan yang kini dipegang oleh yang tua tua dalam muhammadiyah.
Pemuda Muhammadiyah, adalah organisasi otonom Muhammadiyah, yang merupakan gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi munkar, berazaskan Islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pemuda Muhammadiyah didirikan pada tanggal 26 Djulhijjah 1350 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 2 Mei 1932 Miladiyah dan Pimpinan Pusatnya berkedudukan di ibukota Negara Republik Indonesia.
3.    Nasyiatul aisyiah
Nasyiatul Aisyiah adalah salah salah satu Organisasi Otonom Muhammadiyah. Nasyiatul berarti lembaga, bibit atau benih. Aisyiah adalah pengikut - pengikut Siti Aisyiah istri Rasulullah yang dijadikan nama bagi perkumpulan kaum wanita Muhammadiyah. Jadi arti Nasyiatul Aisyiah adalah nama suatu perkumpulan bagi anak - anak putri, yang diadakan untuk mencetak tunas Aisyiah / MUhammadiyah. Sekitar tahun 1919 di kampung Kauman Yogyakarta berdiri suatu perkumpulan anak - anak puteri yang diberi nama Siswo Proyo Wanito (SPW).
4.    Ikatan pelajar muhamadiyah
Ikatan pelajar muhammadiyah adalah termasuk salah satu ortom dalam persyarikatan mihammadiyah yang anggotanya terdiri dari pelajar muhammadiyah yang berusaha meningkatkan iman dan taqwa kepada allah swt menggerakakan daqwah islamiyah dikalangan pelajar dalam rangka mencapai tujuan muhammadiyah.
5.    Ikatan mahasiswa muhammadiyah
Ikatan mahasiswa muhammadiyah adalah salah satu wadah berorganisasi bagi putra dan putri warga muhammadiyah yang sudah menjadi mahasiswa perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi muhammadiyah yang mengarah kepada terbentuknya akademisi islam dalam melaksanakan tujuan muhammadiyah.
6.    Tapak suci putra muhammadiyah
Tapak suci adalah organisasi bagi putra putri muhammadiyah yang bergerak dalam seni bela diri, sebagai sarana dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dalam rangka melaksanakan tujuan muhammadiyah dan usaha memepertinggi ketahanan nasional.
7.    Hizbul wathan.

Hizbul wathan adalah sebuah organisasi adalah yang dirintis oleh jendral sudirman jd arti dari hizbul wathan artinya pembela tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar