Sabtu, 22 Juni 2013

Kaitan Tragedi Newton dengan Persepsi

KAITAN TRAGEDI NEWTON DENGAN PERSEPSI
A.    KEJADIAN
Motif  dari tindakan penembakan sadis yang menewaskan 27 orang di Connecticut, Amerika Serikat (AS) masih belum jelas. Pelaku penembakan brutal di SD Sandy Hook, Connecticut, Amerika Serikat (AS), Adam Lanza tewas bunuh diri usai beraksi. Hal ini menyisakan teka-teki soal motif Adam melakukan aksi keji tersebut. Hingga saat ini, kepolisian setempat dan aparat penegak hukum masih mencari tahu motif sebenarnya dari Adam yang baru berusia 20 tahun tersebut. Dilaporkan, polisi tengah menginterogasi ayah kandung dan kakak laki-laki Adam.
Adam diketahui selama ini tinggal berdua bersama ibundanya, Nancy Lanza yang tewas ditembak oleh Adam sendiri pada pagi waktu setempat. Sedangkan sang kakak laki-laki, Ryan Lanza yang berumur 24 tahun, diketahui bekerja di Ernst and Young dan tinggal terpisah di Hoboken, New Jersey. Awalnya polisi sempat mengidentifikasi pelaku penembakan sebagai Ryan karena kartu identitas Ryan ditemukan di lokasi kejadian. Ternyata kartu identitas Ryan tersebut dibawa oleh Adam. Ryan pun langsung digelandang polisi dari kediamannya di New Jersey dan diinterogasi secara intensif, sebelum akhirnya polisi meralat identitas pelaku menjadi Adam Lanza.
Sementara itu, sang ayah, Peter Lanza, diketahui telah bercerai dengan ibunda Adam pada tahun 2009. Peter yang kini menjabat Wakil Presiden Direktur Bagian Pajak pada perusahaan GE Energy Financial Services, tinggal bersama istri barunya di Connecticut. Baik Ryan maupun Peter sama-sama ‘shock’ saat mengetahui insiden ini, terlebih Adam juga tegas menghabisi nyawa ibu kandungnya sendiri.
Apapun motifnya, masyarakat Amerika Serikat sekarang mulai berfikir ulang. Gara – gara kasus brutal Adam Lanza yang menewaskan 27 orang sekaligus itu dengan senjata api, maka kini warga AS sudah mulai memperbincangkan masalah pro kontra soal kepemilikan senjata api bagi perorangan di AS.


B.     KAITANNYA DENGAN TEORI KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DAN SENSASI.
ü  TEORI KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
v  Komunikasi intrapersonal : Bagaimana orang menerima informasi, mengolah informasi, menyimpan informasi dan menghasilkannya kembali. Aktivitas dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah berdo’a, bersyukur, instrospeksi diri. Manusia hidup pasti membutuhkan komunikasi baik dengan diri sendiri (intrapersonal) maupun dengan orang lain (interpersonal).
v  Komunikasi intrapersonal terjadi pada pra-sesaat-pasca komunikasi interpersonal. Oleh karena itu, komunikasi intrapersonal selalu mengiringi komunikasi interpersonal.
v  Komunikasi intrapersonal bertujuan untuk melakukan prediksi, evaluasi dan penguatan/ pelemahan.
v  Sebagai contoh, Dari kasus ini adam lanza komunikasi yang terjadi antara adam dengan keluarganya tidak terjadi secara efective. Bagaimana adam menerima informasi, mengolah informasi dan menghasilkan informasi kembali. Hal ini sesuai teori seharusnya bisa memahami diri namun yang terjadi pada adam dia tidak bisa memahami dirinya tidak bisa bersyukur dan intropeksi dirinya sendiri.
v  Komunikasi intrapersonal bertujuan untuk melakukan prediksi, evaluasi dan penguatan/ pelemahan. Adam memprediksi bahwa dengan dia membunuh dirinya sendiri tidak akan menyebabkan hal apa apa yang terjadi malah membuat dunia menggelegar karna semua orang terkejut dengan kejadian tersbt.

ü  SENSASI
v  Sensasi, yaitu proses menangkap stimulus (pesan/informasi verbal maupun non verbal). Pada saat berada pada proses sensasi ini maka panca indera manusia sangat dibutuhkan, khususnya mata dan telinga.

v  Dari pengertian ini boleh dihubungkan kasus adam lanza mungkin adam lanza sering melihat dan mendengar tentang kejadian kejadian yang bersifat kekerasan seperti mungkin ayahnya sering memukuli ibunya sering melihat atau menonton kasus kekerasan sehingga mengakibatkan si adam lanza ini untuk mencontoh kejadian yang sama. Yang terpenting kondisi keluarga harus baik karna anak anak biasanya melihat dr kondisi keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar