Senin, 24 Juni 2013

Analisis Film the last Good Father

TUGAS
UJIAN AKHIR SEMESTER

MATA KULIAH
TEKNIK LOBY DAN NEGOSIASI
“Analisis Negosiasi dalam Film The Last Godfather

 









Disusun Oleh:

J AMIATI KN
NPM. 2010140046



JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

ANALISIS LOBI DAN NEGOSIASI DALAM
“FILM THE LAST GODFATHER”



1.      Gambaran Film
Film the last godfather ini film yang diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh  Mario Puzo, dalam novelnya berjudul the goodfather kemuadian diangkat filmnya menjadi the last goodfather. Jalan cerita dalam novel tersebut ternyata ada beberapa segmen yang diubah ceritanya, dalam film the last goodfather tersebut diubah menjadi cerita yang lebih kocak dan lucu. Film ini menggambarkan kehidupan dari dua keluarga mafia yang memperebutkan wilayah kekuasaan antara keluarga nancy dengan keluarga younggoo.
Dalam film tersebut diceritakan Carini mempunyai anak yang bernama younggoo yang sejak kecilnya dititipkan ke panti asuhan. Dalam persaingannya dengan Don Bonfante, Carini kemudian tersadar bahwa dia mempunyai anak yang bisa membantunya untuk melenyapkan keluarga Don Bonfante, maka Younggoo yang usiannya telah dewasa dikembalikan ke orang tuannya. Dalam film ini digambarkan karakter seorang Younggoo yang idiot, sehingga para pengawal Carini merasa bahwa rencana untuk menjadikan Younggo sebagai orang yang akan membantu ayahnya untuk membunuh Don Bonfante akan sia-sia. Namun Carini tetap optimis bahwa anaknya mampu untuk melakukan itu, oleh karena itu para pengawal Carini diperintahkan untuk melatih Younggoo beladiri sampai dia dapat menyelamatkan dirinya dan keluarga besarnya.
Disamping itu keluarga Carini mempunyai lawan yang bernama Don Bonfante  yang mempunyai anak yang bernama nancy. Pada suatu saat younggu lagi duduk ditaman ditinggalkan oleh para pengawal ayahnya karena younggoo dianggap tidak bisa tenang selalu usil dan membuat onar sehingga para pengawal tidak bisa tenang bersama younggoo. Ketika younggoo sedang duduk kemudian dia bergabung melihat ibu-ibu yang sedang berbelanja pakaian dalam, diwaktu yang bersamaan muncullah nancy yang sedang berlari untuk menghindari vinny. Tanpa sengaja vinny tepat berada disamping younggoo sehingga pada saat vinny berusaha memaksa nancy untuk kembali younggoo yang pada dasarnya memang usil berusaha melakukan pembelaan terhadap nancy. Sehingga, terjadilah adegan yang kocak ketika younggoo berusaha menyelamatkan nancy dari vinny. Singkat cerita akhirnya younggoo membius vinny dengan bau sepatunya yang sangat  “mematikan”. Sejak saat itu nancy merasa mulai simpati dan merasa berhutang budi kepada younggoo yang ternyata adalah anak musuh besar ayahnya (Don Bonfante).
Sejak pristiwa itu younggoo dan nancy sering bertemu dan tanpa nancy sadari ternyata vinny selalu mengintai atau memata-matai setiap gerak-gerik yang dilakukan nancy termasuk pertemuanya dengan yonggoo. Pada suatu hari vinnny yang ternyata memiliki ambisi yang cukup besar untuk memiliki nancy dengan harapan agar menjadi bos mafia menggantikan ayah nancy (Don Bonfante), menceritakan semua yang dilakukan nancy diluar rumah kepada ayahnya. Don Bonfante sangat marah ketika mengetahui bahwa putrinya sering bertemu dengan younggoo yang ternyata anak dari musuh bebuyutannya. Maka, Don Bonfante sebagai ayah nancy melarang nancy untuk bertemu dengan younggoo. Dalam kondisi seperti itu nancy merasa tertekan dengan perlakuan ayahnya secara diam-diam nancy menghubungi younggoo agar mereka bertemu ditempat yang sebelumnya mereka sering bertemu. Kemudian dengan senang hati dan merasa bahagia younggoo kemudian meng ia kan ajakan nancy tersebut. Lalu younggoo ketempat itu dengan membawa bunga yang akan dipersembahkannya untuk nancy sebagai orang yang dicintainya. Namun, dipihak lain ternyata gerak-gerik nancy diketahui oleh vinny sehingga vinny membuntuti nancy ketika akan bertemu dengan younggoo. Namun, sebelum pertemuan mereka (antara nancy dan younggoo) vinny berusaha membatalkan pertemuan itu dengan membius nancy dan dibawanya ke suatu tempat yang tidak diketahui oleh Don Bonfante. Ketika younggoo dengan sabarnya menunggu kedatangan nancy sampai pertengahan malam nancy yang ditunggunya tidak kunjung datang sehingga younggo merasa kecewa dan sangat sakit hati karena telah merasa dibohongi oleh nancy. Dalam kekecewaannya itu maka younggoo berusaha menghibur dirinya dengan mabuk-mabukan sehingga bisa melupakan pristiwa yang menimpanya. Vinny yang memang pada dasarnya mencintai nancy dan berambisi untuk mengambil alih kekuasaan Don Bonfante (ayah nancy) melakukan provokatif antara Carini dan Don Bonfante. Kepada Don Bonfante vinny membuat surat yang mengatasnamakan keluarga Carini sehingga membuat Don Bonfante marah besar dan memerintahkan kepada seluruh anak buahnya untuk melakukan perang terhadap keluarga Carini. Dari pihak Carini mengetahui bahwa nancy putri Don Bonfante telah diculik kemudian mengumpulkan seluruh anak buahnya untuk menanyakan siapa diantara mereka yang telah menculik nancy. Tapi para pengawal setianya membantah dengan mengatakan bahwa mereka tidak pernah menculik nancy. Carini yang telah mengetahui bahwa keesokan harinya keluarga Don Bonfante akan menyerang pasar yang menjadi daerah kekuasaanya dengan alasan karena mereka yang telah menculik anaknya, merasa untuk tetap mempertahankan daerah kekuasaanya tersebut.
Ke-esokan harinya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh keluarga Don Bonfante maka semua anak buah Don Bonfante mendatangi pasar tempat dimana pusat kekuasaan keluarga Carini, diwaktu yang sama Carini telah bersiap siap untuk menyambut musuh besarnya itu. Disisi lain nancy yang disekap oleh vinny berusaha untuk meloloskan diri karena dia telah mengetahui bahwa vinny telah merencanakan sesuatu untuk memprovokasi keluarganya dan keluarga younggoo. Tepat pada pukul 12.00, pada saat kedua belah pihak telah berhadap hadapan untuk berperang sehingga suasana pasar menjadi hening dan sangat menegangkan. Pada saat itu terjadilah negosiasi antara kedua belah pihak (pihak Don Bonfante dan Carini). Namun, diluar dugaan vinny, ternyata nancy hadir pada saat yang tepat dan mengatakan bahwa vinny lah yang telah menculik dirinya sehingga ayah nancy (Don Bonfante) merasa kesal dan marah besar kepada vinny yang selama ini menjadi orang kepercayaanya yang ternyata pengkhianat. Dalam keadaan seperti itu vinny merasa telah tertangkap basah bahwa dibalik semua kejadian ini dialah yang merancangnya. Dengan gerakan cepat vinny kemudian merangkul nancy sambil menodongkan senjata seketika itu, kedua belah pihak terkaget-kaget melihat perlakuan vinny terhadap nancy. Don Bonfante berusaha untuk melindungi putri satu-satunya dengan menawarkan kepada vinny akan memberikan apa yang diinginkannya, namun vinny memilih syarat lain yaitu dia akan melepaskan nancy dengan syarat younggoo harus bertarung sendiri untuk melawan vinny. Karena kecintaan younggoo terhadap vinny younggo langsung meng iakan syarat itu sehingga terjadilah kesepakatan antara younggoo dan vinny untuk berduel. Vinny mengajukan aturan main duel antara dirinya dan younggoo yaitu keduanya akan saling menembak pada hitungan ke-lima. Younggoo dengan karakternya yang masih kekanak-kanakan memahami aturan main itu sangat polos dan kocak, ketika venny mulai hitungan yang mana hitungannya itu dimulai dari hitungan ke-lima pada saat itu younggoo langsung menembak vinny  dalam keadaan seperti itu vinny mengajukan protes kepada younggo karena dianggapnya telah melanggar aturan main duel mereka. Kemudian vinny mengulangi aturan main tersebut dengan menyebutkan lagi angka lima (5) pada saat itu pula younggoo langsung menembaki vinny maka vinny tersungkur dan jatuh ketanah. Melihat kejadian itu semua orang yang menyaksikan pristiwa itu tercengang karena ternyata younggoo mampu mengalahkan vinny.
Singkat cerita akhirnya kedua belah pihak kembali berdamai dan bersama-sama mengembangkan usaha mereka sebagai mafia.
2.      Situasi terjadinya Negosiasi
Pada saat berlangsungnya negosiasi dalam film ini situasinya sangat menegangkan karena semua pihak yang terlibat dalam keadaan siap untuk berperang. Dalam film ini terjadi beberapa adegan loby dan negosiasi :
Pertama, pada saat Don Bonfante dan Carini bertemu untuk membahas persoalan penculikan nancy.
Kedua, pada saat setelah terjadi kontak senjata antara kedua belah pihak kemuadian  Carini memutuskan untuk  melakukan negoasiasi dengan pihak Don Bonfante.
Ketiga, pada saat Don Bonfante melobi vinny untuk tidak menyakiti nancy karena nancy adalah anak satu-satunya.
Keempat, pada saat younggoo menerima tantangan dari vinny.


Pihak-pihak yang terlibat dalam proses loby dan negoasiasi
No
Nama
  1
Don Bonfante (ayahnya Nancy)
  2
Carini (ayah younggoo)
  3
Younggoo
4
Nancy
5
Vinny

3.      Teknik Negosiasi
Teknik negosiasi dilakukan apabila kesepakatan atas pelaksanaan perubahan yang harus dilakukan, masih belum dicapai, dan masih perlu dirundingkan. Atau, kesepakatan mengenai perubahan yang diinginkan telah dapat dicapai, akan tetapi alokasi sumber yang diperlukan masih belum disepakati. Dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama . Yang dimaksud dengan taktik adalah istilah yang digunakan terkait dengan alat yang digunakan dalam negosiasi, umumnya untuk kepentingan sendiri. Ada beberapa alat untuk mencapai keuntungan bersama yang bisa digunakan dalam bernegosiasi, tetapi yang tekait dalam negosiasi pada film the last godfather antara pihak Don Bonfate dengan pihak Carini. Adapun alat/ taktik yang digunakan dalam negosiasi Film The Last Godfather  tersebut :
Ø  Beristirahat atau Jeda
Dilakukan untuk mempersiapkan langkah selanjutnya, atau memperbaharui posisi tawar-menawar, untuk mendapat energi baru.
Dalam film ini beristirahat atau jeda digunakan pada saat Carini memutuskan untuk melakukan negosiasi ulang prihal penculikan nancy.
Ø  Bagaimana Jika….?
Digunakan di tahap penjajagan Untuk bisa mengidentifikasi bentuk perjanjian yang akan disepakati demi kepentingan bersama
-          Dalam film The last dodfater, menggunakan alat negosiasi ini pada saat vinny mengatakan kepada don bon fonte bahwa jika syarat yang diajukannya tidak dipenuhi maka dia akan membunuh nancy.
-          Pada saat vinny menawarkan pada younggoo jika tawarannya untuk berduel diterima oleh younggo maka, dia akan melepaskan nancy.
Ø  Penyingkapan Sepenuhnya
-          Memberi semua informasi yang diketahui dan ingin diketahui oleh pihak mitra
-          90% informasi akan disampaikan
-          10% pasti masih ada informasi yang ditutupi atau tidak diketahui
Dalam negosiasi film the last godfather terjadi pada saat Carini mengatakan pada Don bon fonte bahwa dia dan anak buahnya tidak menculik nancy.
Ø Pelicin
Pelicin dalam hal ini bukan berarti penyuapan yaitu bisa berupa bujukan pada pada pihak mitra.
-          dalam film the last godfather ketika don bon fonte menawarkan pada vinny bahwa akan memberikan apapun yang diinginkannya asalkan anaknya dilepaskan.
KARAKTERISTIK NEGOSIASI
Negosiasi merupakan suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang. Sedangkan negosiasi memiliki sejumlah karakteristik utama, yaitu:
a)             Senantiasa melibatkan orang, baik sebagai individu, perwakilan oraganisasi atau perusahaan, sendiri atau kelompok. Dalam film ini dari kedua belah pihak melibatkan semua anggota atau anak buahnya dalam proses loby dan negosiasi yang terjadi.
b)             Memiliki ancaman terjadinya atau di dalamnya mengandung konflik yang terjadi mulai dari awal sampai terjadi kesepakatan dalam akhir negosiasi. Dalam film the last godfather negosiasi yang terjadi sejak awal hingga akhir bernuansa konflik karena pertikian dan persaingan antara kedua mafia besar tersebut.
c)             Menggunakan cara-cara pertukaran sesuatu – baik berupa tawar menawar (bargain) maupun tukar menukar (barter). Dalam film ini menggambarkan karakteristik negosiasi ini sebagaimana yang terjadi ketika ayah nancy (don bon fante) menawarkan vinny untuk memberikan semua apa yang diinginkannya asalkan putrinya dibebaskan. Selanjutnya terlihat pula karaktristik ini ketika vinny menawarkan kepada younggoo untuk berduel dan nancy akan dibebaskannya.
d)            Hampir selalu berbentuk tatap muka yang menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh maupun ekspresi wajah. Dalam film ini karaktristik negosiasi terjadi secara tatap muka antara kedua belah pihak yang mana don bon fonte menuduh keluarga carini yang telah menculik nancy, namun dari pihak carini mengklarifikasi hal tersebut dengan mengatakan bahwa bukan dari pihak mereka yang telah menculik nancy. Sejak awal proses negosiasi itu terjadi wajah atau raut muka don bon fonte menggambarkan kemarahan dan kekesalan yang mendalam terhadap Carini yang dianggapnya telah menculik anaknya (nancy) sehingga kondisi negosiasi menjadi menegangkan.
e)             Negosiasi biasanya menyangkut hal-hal di masa depan atau sesuatu yang belum terjadi dan kita inginkan terjadi. Dalam film the last godfather terjadinya negosiasi karena pertimbangan kekuasaan masing-masing pihak antara keluarga don bon fonte dan carini sebagai mafia yang akan menguasai pasar sebagai tempat penghidupan mereka.
f)              Ujung dari negosiasi adalah adanya kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak, meskipun kesepakatan itu misalnya kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat. Dalam film ini dari kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasama kembali menjadi satu keluarga besar yang memiliki kekuasaan dipasar tersebut yang tidak tertandingi.

GAYA NEGOSIASI
Dalam negosiasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak (keluarga Carini dan Don Bon fonte) dalam film the last godfather, terdapat beberapa gaya negosiasi menurut John Warner.
ü  Empati adalah kemampuan  seseorang berhubungan secara emosional dengan orang lain. Dalam hal ini yang dilakukan oleh younggoo ketika melihat ancaman pembunuhan nancy yang akan dilakukan oleh vinny sehingga dia menawarkan diri untuk berduel dengan vinny.
ü  Energi terkait dengan kemampuan verbal dan non-verbal.
*      Energi verbal seseorang misalnya dalam meningkatkan volume suara, dan kecepatan berbicara, seperti yang dilakukan Don Bon Fonte pada saat melihat perlakuan vinny terhadap nancy yang merupakan putri satu-satunya dan paling berharga baginya sehingga dia menawarkan akan memberikan apa saja yang diinginkan oleh vinny.
*      Energi non-verbal berupa bahasa tubuh seperti kontak mata, gerak kepala, dan gerak tangan, seperti katika Don Bon Fonte geram terhadap vinny karena telah menyakiti putrinya.
Ada 3 model gaya negosiasi yang terdapat dalam Film the Last Godfather :
1.         Model menggertak
Dalam model negosiasi ini dilakukan vinny terhadap Don Bon fonte bahwa akan membunuh nancy apabila keinginannya tidak dikabulkan.
2.         Menunjukkan Kepercayaaan
Dalam negosiasi ini younggoo berusaha meyakinkan vinny bahwa dirinya siap berduel dengannya asalkan nancy dilepaskan dan ternyata hal itu terjadi dimana vinny melepaskan nancy.
3.         Menggerakkan potensi diri diam-diam
Ketika younggoo memberanikan dirinya untuk menerima tantangan dari vinny dimana semua orang yang hadir dalam pristiwa itu tidak menyangka bahwa youngoo akan berani menerima tantangan vinny karena selama ini mereka menggap bahwa younggoo itu adalah anak yang idiot.
LATAR BELAKANG BUDAYA INGGRIS DALAM FILM THE LAST GODFATHER
Dalam film The Last Godfathaer, di awali dengan kondisi persaingan antara dua mafia besar yang saling memperebutkan sebuah pasar yaitu antara keluarga Carini dan Keluarga Bon Fonte. Dalam persaingan yang semakin memanas, masing-masing pihak saling menjatuhkan. Dalam kondisi seperti itu, Carini yang memiliki anak laki-laki yang dulu telah dititipkannya di sebuah panti asuhan, menganggap bahwa harus ada orang yang bakal menjadi penerus usuhanya untuk bersaing dengan keluarga Don Bonfonte. Pada saat itulah Carini meminta kepada pihak panti asuhan untuk mengembalikan anaknya. Sejak saat itu, carini berusaha melatih anaknya agar menjadi penerusnya yang dapat diandalkannya. Namun, harapan itu selalu menjadi bumerang bagi dirinya ketika mendapati Younggoo memiliki karakter yang idiot dan sangat kekanak-kanakkan. hal itu tidak membuat Carini putus asa. Carini selalu berusaha untuk menjadikan anaknya sebagai penggantinya yang tangguh.
Di lain pihak, Don Bonfante tidak menyadari bahwa putri satu-satunya yang dia kasihi tenyata telah jatuh cinta pada anak musuh besarnya itu. Sehingga dengan mengetahui hubungan anaknya dengan anak musuh besarnya itu mengakibatkan dia marah besar. Sejak saat itulah semakin besarlah kebenciannya kepada keluarga Carini.
Dalam film ini, menggambarkan bagaimana kehidupan para mafia yang senantiasa bersaing untuk memperebutkan daerah kekuasaan mereka untuk dijadilan lahan garapan tempat mereka meraup uang sebanyak-banyaknya. Hal yang menarik dalam film ini, setelah melewati masa perselisihan yang begitu lama, dengan kehadiran sosok Younggoo akhirnya dapat menyatukan kedua keluarga itu, sehingga dengan begitu, kebencian dan persaingan kotor yang selama ini terjadi berakhir dengan bersatunya keluarga Don Bonfante dan Carini.

KARAKTERISTIK BUDAYA
Dalam film the last godfather ini, semua pihak yang terlibat dalam proses loby dan negosiasi tidak memiliki perbedaan karaktristik yang mencolok karena kedua belah pihak berada dalam lingkungan dan cultur masyarakat yang sama.
-            Orang Inggris hidup dengan kalendernya – jadi buat janji lebih dulu
-            Janji harus ditepati, tapi jangan mendahului walaupun 1 menit, lebih baik terlambat 10 menit, terutama untuk urusan sosial
-            Orang Inggris sangat sopan, tidak pernah memprotes secara langsung seperti yang dilakukan oleh orang Amerika
-            Orang Inggris tidak pernah menanyakan sesuatu yang bersifat pribadi, seperti dimana anda tinggal?
-            Merupakan orang yang sangat sadar pada kelas sosial
-            Sangat tidak nyaman berbicara dengan orang asing, mulailah membuka kata dengan masalah umum, yaitu cuaca bukan pribadi
-            Tidak apa menolak dengan sopan tawaran minum teh
-            Orang Inggris memandang curiga orang amerika
-            Kesuksesan justru memberi hak untuk bekerja kurang keras
KARAKTER NEGOSIATOR


Don Carini
1.      Karismatik
2.      Punya pandangan luas
3.      Tenang
4.      Tekun
5.      Dapat dipercaya

      Don bon Fonte
1.      Tukang intimidasi
2.      Kaya emosional
3.      Egois
4.      Mudah terombang ambing
      Younggoo
1.                   Kocak
2.                   Idiot
3.                   Tidak mau mendengarkan orang lain
Vinny
1.                   Tidak mau mengalah
2.                   Rakus terhadap kekuasaan
3.                   Emosional
4.                   Tukang provokasi
Nancy
1.                  Mempunyai pendirian yang tetap

2.                  Orangnya suka dengan sesuatu yang lucu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar